Sejarah

Ma’had Aly Al Fithrah merupakan pendidikan tertinggi di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah yang berbasiskan Tasawuf dan Thariqah. Ma’had Aly Al Fithrah berdiri sejak tahun 2007. Dari tahun 2007-2010, Ma’had Aly Al Fithrah masih berstatus non formal, mengingat ijazah lulusan Ma’had Aly Al Fithrah yang diberikan kepada mahasantri dari internal sendiri, tanpa pengesahan dari Kementrian Agama. Pada tahun 2011, terdorong oleh keinginan untuk memberikan ijazah formal sesuai harapan masyarakat, maka lembaga Ma’had Aly Al Fithrah bekerjasama dengan lembaga STAI Al Fithrah, gabung dengan prodi Akhlak dan Tasawuf, mengingat Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah berbasiskan Tasawuf dan Tariqah. Oleh karena itu, komposisi kurikulum yang disajikan kepada mahasantri adalah komparasi antara kurikulum prodi Akhlak dan Tasawuf dan kurikulum lokal Pesantren. Hal ini dilakukan, di samping untuk memberikan ijazah formal, juga untuk mempertahankan dan mengembangkan khazanah-khazanah keilmuan di dunia pesantren, khususnya dibidang Tasawuf dan Tarekat.

Pada tahun 2015 lalu, Kemenatrian Agama telah mengesahkan Formalisasi Ma’had Aly, sebagai lanjutan pendidikan diniyah formal (PDF) sederajat MTs dan MA, yang izin oprasionalnya akan diberikan kepada beberapa Pesantren di Indonesia ini, termasuk Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Ini menjadi kebanggaan dan kebahagian tersendiri, karena, di samping ijazah formal -sebagaimana diharapkan sebelumnya- akan terwujud, juga akan menjadikan Ma’had Aly Al Fithrah bisa mandiri, khususnya bisa mengoptimalkan sajian kurikulum secara mandiri pula sesuai konsentrasi yang diusulkan. Prodi Ma’had Aly Al Fithrah yang diusulkan adalah konsentrasi Tasawuf dan Tariqah, mengingat Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah -sebagaimana dikemukakan di atas adalah Pondok Pesantren yang berbasiskan Tasawuf dan Tariqah.

Ma’had Aly Al Fithrah dengan konsentrasi prodi tersebut, bukan berarti mengesampingkan pengetahuan shari’ah. Muatan kurikulumnya juga akan mengeksploitasi pelajaran tentang shari’ah sebagai tahapan menuju pengetahuan Tasawuf dan Tariqah, walaupun porsinya lebih sedikit, sehingga Ma’had Aly Al Fithrah diharapkan sebagaia pengejawentahan dari tiga pondasi Agama, yaitu Islam, Iman dan Ihsan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s